Tips Lulus SKD

Hi teman-teman, salam.

Mengingat sekarang lagi musim tes CPNS, saya terpikir untuk membuat postingan mengenai tips gimana bisa lulus SKD.

Credit to : tribunnews

Btw, Sebelumnya, Saya ingin menyampaikan skor SKD yg pernah saya bikin. Biar anda yakin sama tips yang saya kasih.

Dulu, saat lulus SMA, saya pernah ikut TKD (istilah dulunya SKD) pada saat mendaftar masuk Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG). Alhamdulillah saya mendapatkan skor yang lumayan, 370. TIU,TWK, dan TKPnya juga lulus. Namu, saya tidak mengambil AMG, karena saya lebih memilih STAN.

Kemudian satu lagi, saya ikut TKD, setelah lulus dari STAN, karena pada angkatan saya, SKD dilaksanakan setelah mahasiswa menyelesaikan perkuliahan. Alhamdulillah, dapat skor yg tidak beda jauh, 364. TIU, TWK, dan TKP semuanya diatas nilai aman.

Berdasarkan pencapaian saya tersebut, saya ingin menyampaikan tips dan trik, agar kalian, bukan hanya untuk peserta pendaftar CPNS tetapi juga calon siswa yang ingin memasuki sekolah kedinasan bisa mewujudkan impiannya tersebut.

Semua tips dan trik ini adalah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Walaupun, tiap orang punya cara yang berbeda untuk belajar, saya yakin, hal ini bisa bermanfaat unuk Anda.

1. Beli Buku Tes CPNS, yang berkualitas.

Disini saya tidak akan melakukan iklan. Jadi gini, modal yang pertama yang perlu kalian punya adalah buku. Buku membuka cakrawala dunia, itu benar. Dan asal kalian tahu, sebagian isi tes SKD, berkaitan dengan itu, materi2 yang luas, semuanya dirangkum disitu. Inilah mengapa kalian perlu punya buku.

Namun tak berhenti disitu, kalian jangan asal-asalan beli buku tes CPNS. Mengapa, karena berdasarkan pengalaman saya saat mencari buku tes CPNS yang didalamnya memuat tes SKD, sebagian dari buku tersebut, materinya kurang, latihannya kurang, informasinya kurang.

Nah oleh karena itu, saya kasih tips. Coba ketika mencari buku, cari referensi bukunya secara online. Lalu, kalian bisa beli buku ditoko offline seperti gramedia agar bisa secara langsung melihat isi dari buku tersebut. Lalu perhatikan, isi materinya apakah lengkap dan banyak latihannya. Kedua hal tersebut sangat penting, mengingat dengan semakin banyak Anda mengetahui jenis soal, maka semakin besar kemungkinan anda tahu gambaran mengenai tes SKD, agar Anda tidak mengalami panic Attack.

2. Menghadapi TIU, perbanyak latihan.

Tes Intelegensia Umum, yang perlu dilakukan untuk menghadapinya adalah dengan perbanyak latihan. Jujur, saya termasuk agak lemah dimatematika. Maka dari itu, jika saya tidak memperbanyak latihan, saya bisa kacau dalam menghadapi soal2 semacam itu.

Dalam TIU, Ada beberapa jenis soal, kalau tidak salah, soal mengenai bahasa indonesia dan hitungan. Semuanya perlu diperbanyak latihannya agar Anda siap.

3. Menjawab TWK, perbanyak baca materi 4 Pilar.

Tes wawasan kebangsaan berisi semua ujian mengenai pengetahuan kita terhadap sejarah Indonesia. UUD lengkap, dari UUD 1945, UUD RIS, UUD S dan UUD 1945 setelah amandemen. Banyak deh, gak bisa dibayangin kan kalo kita tidak tahu itu. Makanya, sebelum ujian, memang butuh persiapan yang tidak sebentar, untuk baca-baca materi tersebut.

4.Bagaimana dengan TKP, Jawab se munafik mungkin.

Haha, sorry saya ngegas. Namun memang begitu kenyataannya. Tes Karakteristik Pribadi ini menurut saya, banyak orang-orang tidak lulus disini, karena mereka menjawab dengan jujur. Artinya mereka menjawab sesuai dengan jenis kepribadiaan merek, tentang peduli atau tidak peduli mereka mengenai sesuatu yang dibilang dalam kalimat soal TKP. Jadi teman-teman, jawablah dengan jawaban yang paling positif, jawaban yang menggambarkan apa yang diminta soal mengenai sikap anda dalam menghadapi persoalan di dunia kerja. Tentu soal meminta anda agar menjadi insan yang sesempurna mungkin di dunia kerja. Suka membantu, dan mementingkan kepentingan instansi diatas kepentingan Anda sendiri.

Saya juga terkadang malu, tapi setidaknya, disitu walau kita belum bisa menerapkan dalam kehidupan sehari2 dan didunia kerja. Kita mendapat gambar mengenai bagaimana seharusnya kita bersikap.

5. Persiapkan rencana dan strategi yang matang.

Sebelum tes, Anda perlu memikirkan. Berapa soal yang minimal Anda perlu jawab dengan benar. Oleh karena itu, lakukan perhitungan ya teman-teman. Jangan asal-asal. Lakukan perhitungan sesuai dengan Standar tes TKD terbaru ya.

6. Jangan pikirkan saingan.

Iya, begitu. Karena tes CPNS umum, bukan hanya SKD menjadi bobotnya, namun SKB. Selain itu, mengapa hal ini perlu dilakukan. Karena, jangan sampai, mental Anda jatuh duluan sebelum tes. Ini sangat penting, banyak orang2 pintar, namun tak lulus, karena mereka terlalu takut, terlalu memikirkan saingan. Sehingga fokusnya akan SKD malah tersingkirkan.

7. Survey lokasi, Siap Hari H.

Nah ini tak boleh ketinggalan. Jangan sampai, hari H anda bingung mengenai lokasi tempat tes. Perhatiin bener alamat yang dikasih panitia, jangan sampai salah. Perhatiin juga arahan dari panitian mengenai tes SKD yang akan dilakukan. Hari H, persiapkan semua barang yang diperlukan ya. Datang jangan tepat waktu, tapi sebelum waktu. Biar anda bisa rileks, bisa cari temen saat mau tes, siapa tahu satu instansi, bisa saling bantu, siapa tahu jodoh. Ehh.

Yang penting persiapak semuanya ya, siap hari H. Okay.

8. Berdoa, minta di doain orang tua dan orang, orang sekitar.

Sebagai penutup, semua tips diatas tidak akan tercapai tanpa izin tuhan. Berdoa jangan sendirian, libatkan orang tua, orang sekitar. Makin banyak yang doain, tentu kemungkinan doa kita dikabulkan semakin besar.

Nah, itulah teman-teman tips yang bisa saya share berdasarkan pengalaman saya. Mungkin teman-bisa ada komentar atau ingin menambahkan tips. Monggo, saya sangat welcome. Thank you.

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑